Selasa, 16 Juni 2009

Belajar Percakapan Bahasa Jepang

Belajar bahasa Jepang bisa dimulai dari mana saja. Misalnya lewat lirik lagu. Berangkat dari ketertarikan yang menyenangkan, lama-kelamaan kosakata akan bertambah pula. Belajar bahasa Jepang pun bisa diawali dari menonton acara televisi atau film berbahasa Jepang. Lewat medium televisi dan film, Anda bisa belajar banyak hal, tidak saja soal bahasa, tapi budaya dan karakter orang Jepang.

Namun tak lengkap rasanya bila belajar bahasa tanpa buku panduan. Sebab lewat buku Anda akan lebih sistematis dan terorganisir saat belajar. Banyak buku belajar bahasa Jepang yang ringan dan bisa dibawa-bawa. Misalnya, buku Percakapan Sehari-hari dalam Bahasa Jepang untuk Pemula. Buku ini disusun oleh Widati Utami, seorang penerjemah buku-buku bahasa Jepang lulusan Fakultas Ilmu Budaya, jurusan Sastra Jepang UGM.

Buku ini sengaja disusun untuk mempelajari dasar-dasar tata bahasa Jepang. Selain itu yang lebih menarik buku ini ditujukan untuk mereka yang ingin belajar percakapan sehari-hari dalam berbagai suasana yang biasa kita temui.

Tak kalah lebih menarik lagi buku ini disisipi fakta-fakta menarik seputar budaya Jepang. Misalnya bahasa Jepang yang mengenal adanya ragam bahasa laki-laki (danseigo) dan perempuan (joseigo). Ragam bahasa ini salah satunya ditandai dengan pemilihan dan pemakaian akhiran yang dikenal dengan istilah shuujoshi (hlm 18).

Ada juga tentang Ojigi atau salam yang dilakukan dengan membungkukkan badan. Ojigi biasa dilakukan untuk mengucapkan salam, ucapan terima kasih, dan permintaan maaf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar